Saturday, July 30, 2011

>> LUKISAN DAN BIOGRAFI W.G. HOFKER


Willem Gerard Hofker lahir di Den Haag - Belanda pada tanggal 2 Mei 1902, dan meninggal dunia di Amsterdam 30 April 1981. Dia anak dari Gerrit Jan Hofker, pegawai negeri di Pos dan Telkom. Selama beberapa waktu ayah beliau menjadi teman sekerja De Nieuwe Gids dan berteman dengan anggota-anggota Beweging der Tachtigers (Gerakan Delapan puluhan). Beliau memberi nama anaknya dari Willem Witsen.

Willem Hofker awalnya study di Haagse Academie dan kemudian pada usia 14 Tahun, melanjutkan di Rijksacademie voor Beeldende Kunsten di Amsterdam. Beliau juga dididik oleh Willem Witsen dan Isaac Israel, yang bersahabat baik dengan ayahnya, yang jadi artis amatir dan penulis, anggota yang berkaitan dengan gerakan 'de Beweging van Tachtig'. Tahun 1927 Willem Hofker menang hadiah kedua di Prix de Rome. Tahun 1930 beliau menikahi Maria Rueter, ahli pelukis juga, anak perempuan Georg Rueter, pelukis dan dosen kepala di Rijksacademie voor Beeldende Kunsten di Amsterdam.

Pada tahun 1920-an, Hofker telah menyelesaikan beberapa pekerjaan monumental-dekoratif, antara lain untuk Koninklijke Nederlandsche Stoomvaart Maatschappij (KNSM), dimana beliau membuat beberapa lukisan dinding untuk kapal-kapal. Dari karya itu hampir tidak ada ketinggalan. Reputasi Hofker sebagai pelukis potret, menerima pesanan tahun 1936 melukis potret ratu Wilhelmina dari Belanda, untuk kantor pusat Koninklijke Pakketvaart Maatschappij (KPM) di Batavia, sekarang Jakarta.

Tahun 1938 suami isteri melakukan perjalanan ke hindia dan teruskan dengan perjalanan diseluruh jajahan Belanda. Pada waktu perjalanan itu mereka membuat gambar-gambar dan lukisan wilayah Indonesia yang memungkinkan direproduksi dan dipakai oleh KPM.

Suami isteri Hofker menetap di Bali, dimana Willem membuat gambar-gambar pemandangan dan penari Bali. Hofker bergaul dengan banyak pelukis, antara lain Walter Spies, Strasser, Le Mayeur dan sahabat baik mereka, Rudolf Bonnet. Tahun 1940 suami isteri pindah ke Ubud. Kebanyakan karya Hofker di Indonesia dibuat dalam periode antara Tahun 1938 - 1944. Karya seni beliau adalah bergaya halus, mengalir, dan juga puitis. Di Bali sebagian besar lukisan beliau bertema kuil dan kehidupan agama di pulau Bali, dan orang-orang Bali.

Waktu Perang Dunia II Hofker dengan temannya Bonnet, dipaksa ikut serta dengan KNIL di Surabaya, kemudian suami dan isteri di internir oleh tentara Jepang di kemah masing-masing pada tahun 1943, Willem sendiri di Tana Toraja, Sulawesi Tengah. Pada zaman ini kebanyakan sketsa Maria Hofker jadi hilang. Pada akhir masa perang, pasangan suami isteri tidak mau ikut serta gerakan Nasionalis Indonesia dan kembali ke Belanda.

Kembali ke Belanda tahun 1946, masa sulit untuk pasangan Hofker ini. Suasana perkembangan seni pada itu telah merubah seluruhnya. Karya figuratif Willem hampir tidak dapat penghargaan dari teman-temanya. Meskipun, pada akhirnya pesanan portret mulai meningkat cepat. Jumlah seluruhnya, Willem Hofker melukis kira-kira 800 potret untuk individu dan organisasi-organisasi, antara lain universitas dan perbankan. Termasuk, pada tahun 1970, potret Herman van den Wall Bake, presdir Algemene Bank Nederland (ABN). Willem Hofker juga ahli dalam melukis pemandangan kota Amsterdam dengan media crayon, dimana beliau fokus pada arsitektur, potret rumah-rumah dan kota-kota. Gambar-gambar Amsterdam ini dikumpulkan dalam tiga buku. Koleksi karya Bali terbit dengan judul 'Bali as seen by Willem Hofker' (1978). Di Belanda Willem Hofker masih melukis dengan tema orang-orang dan pemandangan Bali, dengan media kertas dan canvas.

Selama bagain akhir masa hidupnya, Willem Hofker memberikan banyak andil dalam perkembangan dunia seni lukisan, dengan publikasi karya-karya lukisanya, reputasi beliau meningkat. Saat ini karya pemandangan dan penari Bali beliau sangat dicari. Dan juga secara internasional, karya-karya pada masa Hofker menetap di Bali, menarik banyak perhatian didalam tahun-tahun terakhir masa hidupnya. Willem Hofker berdiam di Zomerdijkstraat, Amsterdam dari 1934 - 1938 dan dari 1946 - 1967.




"Membakti, konte dan pastel diatas kertas" by W.G Hofker, Size: 52cm x 29,5cm
*) Koleksi Bung Karno



"Ni cawan,penari legong" by W.G Hofker, Medium: konte and pastel on paper, Size: 47,5cm x 32cm
*) Koleksi Bung Karno



"Gadis-gadis Bali dalam pesta pura" by W.G. Hofker, Medium: Oil on canvas, Size: 90cm x 61cm
*) Koleksi Bung Karno



"Gadis Bali pada upacara melis" by W.G.Hofker, Medium: oil on canvas, Size: 71,5cm x 50,5cm, Year: 1940
*) Koleksi Bung Karno



"Gusti Kompyang dalam pesta pura" by W.G.Hofker, Medium: oil on canvas, Size: 101cm x 74cm, Year: 1941
*) Koleksi Bung Karno



"A view of a courtyard in Veere with the Town Hall beyond" by W.G.Hofker, Medium: oil on canvas, Size: 50.5cm x 38 cm
*) Auction: Christe's Hongkong



"Ina Levina" by W.G.Hofker, Size: 45cm x 50cm, Medium: Oil on canvas, Year: 1960
*) Auction: Masterpiece



"Miralda Canonica" by W.G.Hofker, Size: 42cm x 29cm, Medium: Mixed media on paper, Year: 1952 
*) Auction: Masterpiece



"Nude" by W.G.Hofker, Size: 15cm x 19cm, Medium: Crayon on paper, Year: 1950 
*) Auction: Masterpiece


"Rapeg en Sadzi" by W.G.Hofker, Size: 49.5cm x 30.5cm, Medium: pastel on paper, Year: 1938 

0 komentar: